TB JADI
Pesan akan dijawab dalam beberapa jam
Bagaimana saya bisa membantu Anda?
Mulai Percakapan

Serba-Serbi Pompa Dragon Manual Tanpa Listrik

Terakhir diperbarui: 15 Sep 2023  |  78 Tinjau  | 

Serba-Serbi Pompa Dragon Manual Tanpa Listrik

Pompa Dragon (Pompa Tangan)

Hal ini mungkin sudah menjadi salah satu yang menarik untuk anak zaman now. Kenapa bisa seperti itu? Sebab di zaman sekarang, sudah jarang yang menggunakan pompa air manual ini. Ya, pompa ini bisa dikenal dengan nama pompa dragon karena mungkin bentuknya mirip ataupun lainnya.

Hal semacam ini pun bisa menjadi salah satu kenangan yang berharga. Ya, berharga bagi orang yang pernah memakai atau melihatnya. Sebab, harus diakui bahwa pompa ini pun mengajarkan bahwa suatu proses itu sangat penting. Ya, penting untuk bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

Di dalam hal ini pun diajarkan bahwa mau mengambil air bersih itu harus berproses terlebih dahulu dengan memompa. Hal-hal semacam itu pun menjadi salah satu alasan bahwa pompa ini bisa dikatakan unik dan legendaris.

Pompa manual atau pompa dragon pun cukup mudah digunakan, yaitu tinggal pasang lalu bisa digunakan. Namun, salah satu hal yang harus diingat itu adalah berapa kedalaman sumurnya sebelum pasti dipasangnya.

Bukan karena keunikan saja yang bisa didapatkan dari pompa ini! Namun, pompa ini pun bisa menjadi salah satu alat untuk olahraga yang bermanfaat. Ya, olahraga lalu bisa mendapatkan air yang bersih juga. Bagaimana indah, bukan?

Pernahkah juga Anda bermain-main dengan pompa air manual ini? Mungkin, sebagian orang pernah mengalaminya dan sebaliknya. Harus diakui bahwa bermain dengan pompa ini pun salah satu yang mengasyikkan. Dan bisa juga salah satu yang bisa menimbulkan kecelakaan, misalnya gagang pompa ini beradu dengan jidat ataupun lainnya. Maka, semua itu pun akan terasa nyeri dan memalukan.

Hal semacam ini menggambarkan bahwa teknologi zaman dulu pun bisa dikatakan unik. Dan ini pun bisa dikatakan alami karena hanya butuh tenaga manusia saja maka sudah bisa digunakan. Sungguh, sangat berbeda dengan pompa-pompa yang sering dipakai di zaman ini yang kebanyakan memakai listrik. Ya, listrik untuk memutarkan baling-baling pompa kemudian air pun bisa naik ke atas.

Nah, hal semacam ini pun bisa menjadi gambaran dan sangat cocok untuk dipakai di tempat-tempat tertentu. Ya, misalnya di tempat pemakaman umum ataupun sawah-sawah sehingga tak memerlukan listrik juga bisa dipakai. Bagaimana indah, bukan?


Sering orang menyebutnya dengan sebutan pompa tangan tetapi sekarang sudah jarang, karena kurang praktis dan rata – rata orang cenderung memilih pompa listrik (pompa centrifugal, jet pump dsb). Pompa tangan ini merupakan merk pompa air yang sangat terkenal di sekitar tahun 70-an. Karena pada tahun tersebut banyak daerah yang belum terjangkau listrik. Dan merk pompa air dragon ini menjadi ikon masyarakat kita waktu itu untuk mewakili istilah pompa air manual (pompa tangan). Bagi warga yang memiliki sumur sendiri, pompa air ini menjadi pilihan untuk menggantikan cara tradisional yaitu menimba air dari sumur. Tetapi dengan bergulirnya waktu pompa dragon ini bakal tergantikan dengan pompa air tenaga surya.

Pompa tangan merupakan sarana penyedia air berupa sumur dangkal yang pembuatannya dengan melubangi tanah pada kedalaman tertentu, tetapi cara menaikkan air dengan cara menghisap air di dalam tanah. Kekuatan atau daya hisap pompa tangan sesuai dengan tekanan udara normal yang ada. Bagian silinder pompa tangan sumur dangkal berada di bagian atas permukaan tanah, naiknya air ke permukaan karena adanya hisapan yang dilakukan oleh klep di dalam silinder. Kemampuan untuk menghisap air sekitar 7- 9 m (suction head).

Cara Kerja Pompa Tangan

Cara kerja pompa air manual ini pun sederhana :

  1. Ketika tuas pompa di tarik ke atas, piston bergerak ke bawah ke dasar ruangan pompa(bucket piston).
  2. Air yang ada dalam pompa akan memasuki ruangan di atas piston melalui klep (check valve) pada piston.
  3. Ketika tuas pompa didorong ke bawah maka piston bergerak naik bersamaan dengan tertutupnya klep piston(check valve), sehingga air yang ada di atas piston ikut terdorong ke atas dan keluar melalui corong pompa.
  4. Di saat bersamaan piston akan menyedot air dari dalam sumur dan air memasuki ruangan di bawah piston melalui klep di dasar pompa (inlet check valve) yang terbuka di saat piston bergerak ke atas.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis