TB JADI
Pesan akan dijawab dalam beberapa jam
Bagaimana saya bisa membantu Anda?
Mulai Percakapan

Beberapa Cara Mengasah Pisau Menggunakan Berbagai Perkakas

Terakhir diperbarui: 21 Sep 2023  |  103 Tinjau  | 

Beberapa Cara Mengasah Pisau Menggunakan Berbagai Perkakas

Peralatan Untuk Mengasah Pisau
 
Di pasaran, pengasah pisau banyak sekali dijual, namun kebanyakan tidak dapat berfungsi dengan benar (kecuali mesin pengasah). Namun, ada beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk mengasah pisau :
 
1. Menggunakan Batu Asah atau Batu Permata
2. Menggunakan Batang Asah (Baja Pengasah)
3. Menggunakan Cangkir Kopi untuk Hasil Cepat
4. Menggunakan Batu dan Roda Gerinda bertenaga Listrik
 
Batu dan roda gerinda bertenaga listrik harus digunakan dengan hati-hati. Panas yang dihasilkan oleh batu saat menggerinda dapat memanaskan (melunakkan) baja, menyebabkan pisau cepat tumpul saat digunakan.
Pisau dapur antikarat yang murahan akan cepat tumpul, namun ini bukan karena teknik asah Anda yang salah. Pisau dapat diasah tetapi akan sangat cepat menjadi tumpul. Penyebabnya karena tepi pisau terbuat dari baja yang lembut. Gunakan sudut asah yang lebih curam atau pisau dengan baja yang keras.
Sebagian pakar menyarankan teknik pengasahan seperti seolah-olah mengiris lapisan atau stiker tipis dari batu. Jangan lakukan hal ini jika tidak berpengalaman. Saran ini umumnya tidak memberikan hasil yang bagus karena kebanyakan orang tidak memegang pisau dalam sudut yang benar saat melakukannya. Anda secara naluriah mengangkat pisau sampai merasa dan melihat tepinya bergesekan. Padahal, hal ini akan membuat sudut tepi pisau melebar dan lama-kelamaan menebalkan sudut pisau, akibatnya ketajaman pisau berkurang. Dengan demikian, semakin sering Anda mengasah pisau, justru semakin tumpul pisau tersebut.
Proses asah paling baik dilakukan dengan pelumas untuk menjaga batu bebas dari partikel. Gunakan minyak asah dengan minyak netral seperti minyak mineral, atau sirami batu dengan air. Setelah Anda memutuskan untuk mengasah dengan minyak, Anda tidak dapat beralih ke air.
 
Setelah mengasah jangan tarik ujung jari di tepi pisau yang baru diasah untuk memastikan pisau tajam. Untuk menguji pisau, potong selembar kertas koran yang dipegang lembut dengan dua jari Anda.
Jika lapisan logam pisau tidak terangkat cukup banyak saat diasah, beberapa titik pada tepinya akan tumpul. Pisau tumpul (atau pisau dengan bintik-bintik atau torehan kusam) akan memantulkan cahaya dari ujung tepi pisau. Tepi pisau cukur yang tajam tidak akan menunjukkan "titik terang" saat Anda memegangnya di bawah cahaya terang. Anda harus mengangkat cukup banyak lapisan logam pada sisi miring pisau hingga tidak lagi memantulkan cahaya.
Jangan siram batu asah dengan air. Pori-pori batu asah akan tersumbat dan menjadi tidak berguna untuk mengasah.
Selalu berhati-hati menggunakan pisau yang baru diasah (dan semua pisau pada umumnya). Pisau adalah salah satu penyebab kecelakaan di rumah.
 
Semoga artikel ini bermanfaat.


 
 
 
 


Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis